Mengenal Gajah Ello, Maskot PR Summit PKS Chapter Lampung

0
699

Beberapa peserta nampak asyik berfoto bersama gambar gajah yang menjadi maskot pada gelaran Public Relation (PR) Summit Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Chapter Lampung 11-12 Oktober 2014 lalu. Gajah biru dengan kamera di belalainya itu menjadi primadona peserta untuk berfoto bersama sepanjang PR Summit berlangsung.

Namanya Ello. Mungkin peserta yang sempat berfoto dengan gajah lucu berkalung kain tapis itupun belum banyak yang mengetahui siapa namanya. Ello memegang kamera yang diarahkan kewajahnya layaknya orang berfoto selfie. Pada pose lainnya, Ello memegang vidio kamera lengkap dengan penyangganya. Kira-kira apa alasan panitia mencipatakan Ello sebagai maskot? Lalu darimana ide menciptakan Ello muncul?

Pencipta Ello, Sapto Nugroho mengatakan maskot gajah sengaja dihadirkan untuk memperkuat identitas hewan bertubuh besar tersebut sebagai ciri khas Sang Bumi Ruwai Djurai. Padatnya agenda PR Summit tidak memungkinkan panitia untuk membawa peserta untuk melihat secara langsung di lokasi konservasi gajah Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Kecamatan Labuan Ratu, Lampung Timur. “Membawa gajahnya ke lokasi PR Summit kan tidak mungkin, jadi kami tampilkan sosok Ello sebagai maskot,” ujar Sapto sedikit bergurau.

Sapto melanjutkan, kamera yang dipegang oleh Ello menunjukka bahwa agenda ini merupakan agenda kehumasan. Dimana kamera menjadi alat penting dalam salah satu aktifitas kehumasan, yaitu mendokumentasikan kegiatan.

 

Hanya butuh waktu dua jam bagi Sapto untuk merampungkan desain Ello melalui aplikasi Corel Draw. Sebelum dituangkan dalam Corel Draw, pria yang juga handal di bidang fotografi ini menyelsaikan sketsa kasar Ello dalam waktu semalam. “Corat-coret sketsanya sih semalaman, untuk dibuat di Corel butuh sekitar dua jam,” kata Sapto, saat menjadi pemateri pada Workshop Nge-Blog Bareng di DPW PKS Lampung, Minggu (19/10).

Nama Ello sendiri merupakan kependekan dari Ellephant (gajah dalam bahasa Inggris), sedangakan pemilihan warna, Sapto menjelaskan tidak ada alasan khusus mengapa Ello berwarna biru. Biru dianggap lebih natural untuk merepresentasikan sosok seekor gajah. Kedepannya, Ello akan menjadi ikon tetap dalam agenda kehumasan DPW PKS Lampung lainnya. “Ya, untuk agenda lainnya Ello dapat kita hadirkan kembali,” ujar Sapto. (PAR).

LEAVE A REPLY