BPJS Cover Biaya Ambulance

0
623

Fasilitas ambulance termasuk yang dijamin oleh BPJS Kesehatan. Meski demikian hal tersebut di jamin pada kondisi khusus.

Demikian disampaikan oleh Sofyeni, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung pada agenda sosialisasi BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan di hadapan Anggota DPRD Lampung, Selasa (3/2).

Terkait dengan jaminan fasilitas ambulance yang diberikan dalam kondisi khusus, Sofyeni mengatakan bahwa ini tidak dari rumah ke fasilitas kesehatan (faskes), tapi antar faskes. “misal dari dokter keluarga ke puskesmas, dari puskesmas ke rumah sakit” kata Sofyeni.

Sementara itu perihal ambulance yang dijamin BPJS namun dalam kondisi khusus, menurut Anggota Komisi V DPRD Lampung, Ahmad Mufti Salim di sela-sela sosialisasi, menyampaikan bahwa yang dipersoalkan adalah kesiapsiagaan ambulance terutama dalam kondisi gawatdarurat di faskes awal, saat akan dirujuk. “Bukan masalah pada biaya mobil ambulance yang tercover atau tidak tercover BPJS, namun lebih kepada kesiapsiagaan mobil ambulance standby di faskes (dokter, puskesmas, rumah sakit) tersebut” kata Wakil Ketua Fraksi PKS.

Mufti menambahkan, “Apakah jika si pasien atau keluarga pasien gawat darurat termasuk keluarga yg berada, dapat dipastikan ambulance standby di faskes tersebut, yang barangkali bisa cash membayar biaya ambulance tersebut?”.

Menurut Mufti lagi, lalu bagaimana dengan pasien atau keluarga pasien yang belum beruntung secara ekonomi? Tentu dirinya atau keluarganya merasakan ketidakpastian keberadaan ambulance yang standby ditambah dengan harus membayar biaya ambulance dari rumah yang bersangkutan ke faskes terdekat dimana dia dalam kondisi gawat darurat, atau dari faskes awal ke faskes rujukan. “Ini harus menjadi perhatian dan pertimbangan semua” kata Pimpinan DPRD Lampung Tengah periode lalu.

Sedangkan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan Lampung, Adi Nugroho dalam pemaparannya mengatakan bahwa untuk Anggota DPRD jenis layanan BPJS Ketenagakerjaan hanya ada dua yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Hadir dalam sosialisasi dan penjelasan pihak BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan anggota Fraksi PKS yang lain yaitu Mardani Umar, Antoni Imam dan Prio Budi Utomo.

LEAVE A REPLY