Bentuk Keluarga Sakinah, PKS Bandar Lampung Gelar Pelatihan Peran Ayah

0
494

Bandar Lampung – Biro Pernikahan dan Ketahanan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah (Biro PKK Samara) DPD PKS Kota Bandar Lampung menggelar Pelatihan Parenting Skills di Aula Asrama Haji Lungsir, Senin, 4/5/2015.

Dalam rilis yang diterima duajurai.com, Selasa, 5/5/2015, kegiatan ini diikuti 100 peserta. Dalam pelatihan, dibahas sikap terbaik seorang ayah berdasarkan tahap perkembangan awal seorang anak. Mulai dari umur 0 hingga 11 tahun apakah seharusnya yang dilakukan seorang ayah dalam berkomunikasi dan bersikap. Sehingga diharapkan dengan antisipasi ini, kebutuhan anak terhadap figur ayah didapatkan secara sempurna.

“Kegiatan ini bertujuan mengingatkan agar ayah berperan total dalam rumah tangga,” kata Ketua Biro PKK Samara Zulkifli.

Hadir sebagai pembicara, Irwan Reynaldi. Kata Irwan, Indonesia adalah negara peringkat kelima dalam ketiadaan peran ayah di keluarga. Ini tentu memprihatinkan mengingat mayoritas orang Indonesia beragama Islam. “Padahal di Alquran, ada sekitar 17 ayat yang menerangkan tentang parenting dan 70% dari itu adalah bicara tentang ayah,” kata Irwan.

Ia menambahkan, absennya ayah dalam mendidik anak akan berpengaruh sangat besar dalam tumbuh kembang kepribadian sang anak. Hal ini akan melahirkan hal-hal negatif pada diri anak di antaranya rendahnya harga diri anak, kesulitan identitas seksual, dan lemah dalam pengambilan keputusan.

“Bagi anak perempuan, kehilangan sosok ayah dapat menyebabkannya kesulitan menentukan pria yang tepat untuk menjadi pasangan hidupnya,” pungkas Irwan.(*)

Sumber : http://www.duajurai.com/2015/05/bentuk-keluarga-sakinah-pks-bandar-lampung-gelar-pelatihan-peran-ayah/

LEAVE A REPLY