Sohibul Iman Tegaskan Kepemimpinan PKS berbasis Fungsi

0
1355
Ket Foto : Persiden PKS dan para kader PKS lampung dalam agenda kegiatan Sekolah Kepemimpinan Partai.(15/5/2017)
Ket Foto : Persiden PKS dan para kader PKS lampung dalam agenda kegiatan Sekolah Kepemimpinan Partai.(15/5/2017)
Ket Foto : Persiden PKS dan para kader PKS Lampung dalam agenda kegiatan Sekolah Kepemimpinan Partai.(15/4/2017)

BANDAR LAMPUNG (15/6) – Kepemimpinan PKS di setiap level sangat ditekankan berdasarkan fungsi. Maksudnya adalah bahwa setiap elemen di PKS, baik anggota, pengurus dan para pimpinan mengimplementasikan pola kepemimpinan berdasarkan fungsi dan seluruh elemen tersebut memiliki semangat berkontribusi sehingga dimanapun posisinya semangat yang dibangun adalah kontribusi. Inilah pemimpin itu sesungguhnya.

Hal ini disampaikan Presiden PKS, Mohammad Sohibul Iman saat menjadi Keynote Speech pada Sekolah Kepemimpinan PKS level 3, DPW PKS Lampung, Sabtu (15/4) di Aula Bapelkes, Rajabasa, Bandar Lampung.

“Setidaknya terdapat dua model basis kepemimpinan. Kepemimpinan berbasis posisi dan kepemimpinan fungsi,” papar Sohibul Iman. Ia menjelaskan jika pemimpin berbasis posisi, maka seseorang akan optimal berkontribusi ketika mendapatkan atribut sebagai apa atau jabatan yang ia sandang.

“Nah PKS menekankan kepemimpinan di kita berdasarkan fungsi, dimanapun, siapapun baik pimpinan maupun sekedar staf atau bahkan anggota, semangatnya adalah kontribusi. Inilah kepemimpinan sesungguhnya,”jelas Kang Iman.

Selain Sohibul memaparkan tentang kepemimpinan berbasis posisi dan fungsi, Iapun memaparkan mengenai Kepemimpinan 360 derajat. Menurutnya, di model kepemimpinan 360 derajat, ketika sesorang berada sebagai pucuk pimpinan, maka tentu mengajak mitra organisasinya bergerak bersama dia. Sementara jika seseorang berada pada posisi pimpinan level menengah, ia melakukan dua hal. “Pertama, ia mengajak dan memimpin staf yang menjadi mitranya, sedangkan yang kedua ia mampu mempengaruhi pemimpin di level atasnya,” papar Kang Iman.

Sekolah Kepemimpinan Partai (SKP) DPW PKS Lampung dilaksanakan dimulai dari Sabtu (15/4) hingga Ahad esok (16/4). SKP ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas kepemimpinan para penggerak PKS, baik di tingkat DPW (Dewan Pengurus Wilayah) dan tingkat DPD (Dewan Pengurus Daerah) PKS se Lampung.

“Setelah mengikuti SKP, peserta yang merupakan pengurus inti DPW PKS Lampung dan Pimpinan DPD PKS Se Lampung, meningkat kapasitas kepemimpinannya, kemudian mampu mengajak seluruh elemen partai termasuk para anggota dan konstituen PKS, ikut bergembira dan bahagia bergerak bersama PKS,”kata Ketua PKS Lampung, Ahmad Mufti Salim dalam sambutan pembukaan acara SKP hari ini.

LEAVE A REPLY