Simak PKS jadi Musrenbang Partai

0
468
Ade Utami Ibu memberikan pengarahan di DPD PKS Mesuji
Ade Utami Ibu memberikan pengarahan di DPD PKS Mesuji
Ade Utami Ibu memberikan pengarahan di DPD PKS Mesuji

TULANG BAWANG (10/9) — Melalui Safari PKS Untuk Maksimalkan Pelayanan Kepada Semua (Simak PKS) dimana tim yang ditugaskan berkeliling ke seluruh Lampung dalam rangka mendampingi DPD PKS dan DPC PKS Se Lampung agar makin berkinerja begitu dioptimalkan keberadaannya oleh para pengurus DPD dan DPC PKS se Lampung.

Disamping sebagai tempat bertanya tentang seputar keorganisasian PKS juga digunakan untuk menyampaikan aspirasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan mereka, mirip agenda tahunan Musyawarah Perencanaan Pembangunan oleh jajaran pemerintah, baik di tingkat kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi dan pusat.

Seperti yang disampaikan oleh Abdul Muin Ketua DPC Kecamatan Way Serdang kepada Sekretaris Umum DPW PKS Lampung, Ade Utami Ibnu, yang menanyakan tentang adanya pelatihan kewirausahaan dan bantuan permodalan untuk menghidupkan DPC hingga tingkat ranting.

“Kira-kira ada enggak ya pak, pelatihan kewirausahaan bagi kami di DPC, syukur-syukur ada bantuan modal agar bisa lebih memberdayakan kami hingga ranting-ranting?,” Tanya Muin..

Atau Ketua DPC Rawa Jitu Utara, Darmawansah yang menanyakan tentang insfrastruktur yang tak kunjung menggembirakan di Mesuji.

Atas dua pertanyaan itu, Ade Utami Ibnu menjelaskan bahwa di PKS ada Bidang Pengembangan Jaring Ekonomi Kader yang bertugas meningkatkan kapasitas ekonomi dan kesejahteraan kader.

“Di BPJE ada pelatihan-pelatihan yang kontinyu bagaimana meningkatkan kapasitas ekonomi dan bisnis kader. Jika sebelumnya omset hanya 5 juta , dengan metode tertentu kader bisa meningkatkan omset menjadi 15 juta dan seterusnya. Sementara tentang permodalan, melalui pelatihan-pelatihan tersebut, akan dicarikan formula permodalan dan sumber-sumbernya,” jelas Ketua Fraksi PKS Lampung.

Dengan pelatihan-pelatihan yang dilakukan, kita berharap DPC kita mandiri bahkan bisa membiayai operasional rutin organisasi. Kita ingin, semuanya menjadi seperti Utsman Bin Affan,” jelasnya lagi.

Sementara pertanyaan tentang kondisi infrastruktur di Mesuji, Ade menyampaikan tentang pentingnya aktivitas struktur PKS di DPC (Dewan Pengurus Cabang) dan DPRa (Dewan Pengurus Ranting) berkhidmat atau melakukan pelayanan dengan melakukan advokasi-advokasi di lingkungan mereka.

Dia menekankan pentingnya struktur DPC dan DPRa menginventarisasi kebutuhan masyarakat di sekitarnya, apakah jalan, apakah jembatan, dan lain-lainnya, kemudian catat, titik lokasi di foto lalu kirimkan buktinya ke jalur struktur dan para anggota dewan..

“Apalah guna para anggota dewan tanpa ada DPC dan DPRA. Karena dengan DPC dan DPRA yang terus bergerak mengadvokasi masyarakat di lingkungannya maka kita para anggota dewa bisa berfungsi dan bekerja,” kata Anggota DPRD Lampung dapil Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji.

Iapun menjelaskan bahwa total jalan yang menjadi wewenang provinsi 1600an kilometer, sementara keuangan daerah terbatas sehingga kebijakan provinsi lebih diprioritaskan untuk jalan yang strategis memiliki dampak peningkatan ekonomi.

“Oleh karena itu, dengan keterbatasan anggaran daerah dan prioritas bagi jalan strategis, maka kami berharap agar pembangunan di masing-masing daerah dapat diawasi agar tepat sesuai perencanaan, dan biaya yang telah dikeluarkan serta sesuai usia konstruksi,”tutup Ketua BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Lampung.

LEAVE A REPLY