Di Akhir Masa Jabatan, Aher Terima Penghargaan Tertinggi dari IPDN

0
106

aherproyek

Sumedang (5/4) – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) menerima penghargaan Tanda Kehormatan Astha Brata Utama Pamong Praja yang diberikan langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Kamis (5/4/2018).

Astha Brata Utama Pamong Praja adalah penghargaan tertinggi setelah melalui beberapa penilaian yang diberikan kepada seseorang atau kelompok, karena memiliki prestasi di bidang pemerintahan dan berjasa di lingkungan pendidikan IPDN.

Sedangkan Astha Brata yaitu 8 elemen alam yang menjadi pedoman kerja pamong praja. Kedelapan elemen tersebut diantaranya Matahari yang bermakna memberi kehidupan, Bulan yang menerangi, Bintang sebagai pedoman arah, Angin yang senantiasa bergerak, dan kuasa Mendung yang berwibawa. Kemudian elemen Api pemberi semangat, Samudera yang berpandangan luas, dan terakhir Bumi yang memberi kemakmuran.

Aher bersyukur karena diganjar penghargaan di akhir masa jabatannya sebagai gubernur. Ia mengaku tidak pernah bekerja dengan berorientasi untuk sebuah penghargaan, tapi ternyata dibalik itu ada pihak yang memberikan penghargaan kepada dirinya.

“Saya bersyukur dengan apa yang dikerjakan, dilaksanakan semenjak saya menjabat gubernur sampai sekarang sejumlah program kerja bisa dicapai,” ujar Aher kepada PRFM.

Ia mengungkapkan, dengan penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik dimana pun dan apa pun jabatan yang disandang.

“Atau tanpa jabatan sekalipun, kita tetap bisa berprestasi untuk disumbangkan untuk kemajuan bangsa negara,” tambahnya.

Aher sangat menyadari bahwa tidak lama lagi jabatan sebagai gubernur selama 10 tahun akan berakhir. Oleh karenanya, setelah tidak menduduki kursi di Pemprov Jabar nanti, Aher berjanji akan selalu bekerja dan berkarya untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Kita tidak tau apa yang akan terjadi setelah itu, yang jelas apapun jabatan atau status saya setelah akhir jabatan, saya akan bekerja dan bekerja dan berkarya untuk kemajuan dan kejayaan bangsa ini,” pungkasnya.

Jumlah total penghargaan yang diterima Aher dan Pemprov Jabar selama 10 tahun masa jabatan mencapai kurang lebih 265 buah. Apabila dikalkulasikan dengan 365 hari dalam setahun, maka setiap 13 hari sekali mendapat penghargaan.

Jika diurut berdasarkan tahunnnya, maka penghargaan dimulai tahun 2008 dengan 5 penghargaan, 2009 (10), 2010 (13), 2011 (32), 2012 (39), 2013 (35), 2014 (41), 2015 (22), 2016 (21), 2017 (37), dan 2018 sementara ini sudah 10 penghargaan diraih.

Selain Aher, penghargaan Tanda Kehormatan Astha Brata Utama Pamong Praja pun diberikan kepada Menkopolhukam Wiranto, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Kalimantan Tengah, dan Gubernur Jawa Timur.

Sumber: prfmnews.com

LEAVE A REPLY