Jajuli Siapkan Program Agunan Untuk Proteksi SDA Lokal

0
62

 

BANDAR LAMPUNG — Untuk memproteksi sumber daya alam lokal Lampung agar tidak habis dan benar-benar digunakan untuk kesejahteraan penduduk Lampung kelak dibawah kepemimpinan pasangan calon nomor empat akan ada program agunan dari pemerintahan daerah dan perbankan yang memberikan pinjaman kepada usaha mikro kecil dan menengah, dan koperasi.

Hal ini disampaikan Calon Wakil Gubernur Lampung, Ahmad Jajuli dihadapan puluhan alim ulama dan santri eksponen 212 yang tergabung dalam Majelis Lampung Bersatu, Kamis (24/5) di Bandar Lampung.

“Selama ini kami melihat bahwa karena keterdesakan persoalan ekonomi dan akses pembiayaan, maka sumberdaya alam yang dimiliki oleh masyarakat lokal lebih mudah berpindah kepemilikan kepada pihak luar. Misalnya ada sekelompok masyarakat memiliki lahan produktif dan berpotensi ekonomis serta jika ada sentuhan tambahan seyogyanya bisa mensejahterakan mereka, namun karena keterbatasan akses pembiayaan, mereka lebih memilih menjual lahan tersebut,” kata Jajuli.

Menurutnya kasus seperti ini dapat diselamatkan dengan program agunan yang disiapkan pemerintah daerah yang bekerjasama dengan pihak perbankan, dan karena agunan tersebut pihak perbankan memberikan pinjaman permodalan untuk mengelola lahan bernilai ekonomis tersebut.

“Satu sisi memberikan solusi permodalan kepada kelompok masyarakat, sisi yang lain menyelamatkan aset dan sumber daya alam yang dimiliki serta memproteksi agar lebih banyak dimanfaatkan bagi sebesar-besar masyarakat lokal,” tutup Jajuli.

LEAVE A REPLY