Ingin Tiru Gaya Soekarno, Pimpinan DPRD Lampung Bacakan Proklamasi di Upacara PKS

0
91

 

BANDAR LAMPUNG (17/8) — Salah satu rangkaian wajib pada setiap upacara dalam rangka HUT RI ke 73 termasuk di kantor PKS Lampung, Jum’at (17/8) adalah pembacaan naskah proklamasi.

Jika pada tanggal 17 Agustus 1945, di Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta yang membacakan adalah Soekarno, sementara 73 tahun kemudian, pada 17 Agustus 2018 di Jalan Untung Suropati 3 yang membacakan adalah Johan Sulaiman, salah satu Pimpinan DPRD Lampung yang juga sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Lampung.

Dengan mantap, Johan Sulaiman membacakan naskah proklamasi di depan ratusan peserta upacara. “Proklamasi, kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta, 17 Agustus 1945, atas nama Bangsa Indonesia, Soekarno-Hatta,” ucap Johan.

Selain itu, yang bertugas membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga, Tri Sakti Wijayana. Sebelumnya teks Pancasila yang di ikuti oleh seluruh peserta dibacakan oleh Ahmad Mufti Salim, selaku Pembina Upacara.

Smentara itu setelah rangkaian upacara selesai, Johan Sulaiman menyatakan, bahwa sejak dahulu disetiap upacara 17 Agustus memang spesialisasinya adalah menjadi petugas pembaca naskah proklamasi. Ia merasakan ada spirit kemerdekaan yang amat dalam, hadir saat membacakan naskah proklamasi tersebut.

“Ingin rasanya membacakan naskah proklamasi dengan gaya dan model suara Soekarno saat membacakan dahulu tahun 1945, sehingga penjiwaannya dapat banget, namun apalah daya, suara dan gaya belum pas meski berulang-ulang jadi pembaca naskah proklamasi,” tutup Johan.

LEAVE A REPLY