Budayawan Lampung: Jika PKS Serius, Saya Siap Bantu

0
157

Bandar Lampung – Budayawan Lampung Rusli Syukur siap membantu PKS dalam upaya melestarikan budaya Lampung. Kesiapan ini dikemukakan Rusli saat menerima kunjungan Bidang Seni dan Budaya PKS Lampung, Kamis (25/3), di Gunung Terang, Langkapura.

Menurut Rusli, saat ini budaya Lampung nyaris hilang terkikis zaman. Anak-anak muda sekarang lebih tertarik dengan budaya dari luar negeri yang dianggap lebih modern. Kalaupun ada yang mencoba mengangkat budaya Lampung, tapi belum maksimal.

“Bahkan diprediksi dalam 20 tahun ke depan, budaya Lampung akan punah jika tidak ada upaya serius untuk melestarikannya,” ujar Rusli.

Rusli pun memberikan masukan ke PKS Lampung jika memang serius untuk melestarikan budaya Lampung bisa dimulai dari lingkungan PKS sendiri.

“Gedung PKS bisa memakai ornamen Lampung atau pada hari-hari tertentu di kantor PKS memakai pakai adat Lampung. Bisa juga memakai bahasa-bahasa Lampung pada ruangan-ruangannya. Dibiasakan dahulu, dibuat akrab dengan budaya Lampung. PKS juga bisa membuat buku tentang sastra Lampung lalu diberikan ke sekolah-sekolah sebagai bahan pengajaran. Insyaa Allah ini menjadi sumbangsih PKS bagi budaya Lampung,” kata Rusli.

Ketua Bidang Seni dan Budaya PKS Lampung Yuda Roseptalia mengaku sangat bersyukur bisa bersilaturahmi dengan salah satu budayawan Lampung Rusli Syukur. Menurut Eli, sapaan akrab Yuda Roseptalia, Bidang seni budaya butuh orang-orang yang paham akan budaya Lampung, sehingga PKS tidak salah langkah.

“Kami tidak bisa jalan sendiri tentunya. Kami butuh orang-orang seperti pak Rusli ini salah satunya, sebagai orang yang paham budaya Lampung, dan mau memberi masukan atau saran kepada kami dalam rangka sumbangsih melestarikan budaya Lampung. Semoga PKS dan para budayawan Lampung lainnya bisa bekerjasama dan bahu membahu dalam melestarikan budaya Lampung,” tutup Eli.

LEAVE A REPLY