Webinar Ekuintek LH PKS Lampung, Sepakati 1 Rumah – 1 Pohon

0
128

Akhir dari webinar PKS Lampung yang diselenggarakan Bidang Ekuintek Lingkungan Hidup DPW PKS Lampung dalam rangka memperingati Hari Bumi, pada Ahad (2/5), menyepakati bahwa guna ikut berkontribusi dalam keberlanjutan bumi demi masa depan yang lebih baik, juga dalam rangka ikut serta Gerakan Indonesiaku Hijau yang dicanangkan DPP PKS akhir April yang lalu, maka PKS Lampung mendorong kepada masyarakat mulai menanam 1 rumah – 1 pohon, dan khusus bagi anggota PKS Lampung berkewajiban menanam pohon 1 rumah – 1 pohon.

Menurut Ketua DPW PKS Lampung, Ahmad Mufti Salim disela-sela Rapat Koordinasi DPW-DPD PKS se Lampung, Rabu (5/5), bahwa perubahan iklim sebagai dampak pemanasan global, semakin terasa, tak terkecuali dirasakan pula di Lampung. “Kini kita merasakan suhu bumi semakin bertambah dibanding 10 atau bahkan 5 tahun yang lalu, sehingga tentu kontribusi kita melalui penanaman 1 rumah 1 pohon, mudah-mudahan berdampak positif,” ungkap Mufti Salim.

Menurut Mufti, Pesisir Lampung adalah daerah yang paling terdampak dimana abrasi pantai makin meluas sebagai akibat dari naiknya air laut. Disamping itu dalam konteks pertanian/ tanaman pangan, peningkatan suhu bumi, langsung maupun tak langsung juga ikut terdampak. “Oleh karena itu, melalui webinar yang diselenggarakan oleh Bidang Ekuintek LH, mudah-mudahan mampu mencerahkan seluruh peserta sekaligus kami di PKS Lampung tentu ikut serta dalam Gerakan Indonesiaku Hijau yang telah dicanangkan oleh DPP PKS,” kata Alumni Ponpes Krapyak Yogyakarta.

Sementara, Ketua Bidang Ekuintek LH (Ekonomi, Keuangan, Industri, Teknologi dan Lingkungan Hidup) DPW PKS Lampung, Iman Ibnu Chambali Chasan mengungkapkan bahwa pihaknya telah melaksanakan survey atau polling melalui google form, kepada warga masyarakat berbagai lapisan di 15 Kabupaten Kota tentang seputar Hari Bumi.

“Dari 100 responden, didapatkan hal menarik bahwa hampir separuhnya atau 46,5 persen tidak mengetahui kapan Hari Bumi. Meski demikian, mayoritas responden atau 76 persen menganggap penting peringatan Hari Bumi, ” ungkap Iman.

Selain itu, menurut responden, 4 aktivitas yang perlu dilakukan dalam memperingati Hari Bumi diantaranya adalah gerakan menanam pohon, gerakan diet sampah plastik, lalu menghemat air dan menghemat energi.

“Ini menjadi semacam panduan, bahwa kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan pada saat peringatan Hari Bumi. Namun tentu bukan pada hari tersebut saja dilakukan aktivitas-aktivitas itu, hanya sebagai penanda atau gerakan memulai aktivitas itu, dan diteruskan secara berkesinambungan, ” kata Iman.

Hadir pada saat webinar diantaranya Doktor Haris Murwadi, akademisi UBL, alumni Kitakyushu University. Lalu Irfan Tri Musri, Direktur Walhi Lampung, dan Agus Solihin, Founder banksampahemak.id.

Direktur Walhi, Irfan Tri Musri mengatakan bahwa Webinar tentang lingkungan dalam rangka Hari Bumi yang diselenggarakan PKS Lampung sangat baik. “Terlebih PKS Lampung sebegai elemen politik yang memiliki Anggota Dewan dari tingkat Pusat, Provinsi hingga Kabupaten Kota Se Lampung. Bahkan periode 2014-2019, Walhi banyak bersinergi dengan Bang Hantoni Hasan, Ketua Komisi 2 DPRD Lampung pada saat itu” kata Irfan.

LEAVE A REPLY